Kiat Jitu Memilih Software Akuntansi Yang Untuk Bisnis

//Kiat Jitu Memilih Software Akuntansi Yang Untuk Bisnis

Kiat Jitu Memilih Software Akuntansi Yang Untuk Bisnis

Kiat jitu memilih software akuntansi yang tepat untuk bisnis. Kehadiran software akuntansi tentunya memudahkan setiap usaha dalam mengelola keuangan. Meskipun Anda menganggap usaha yang Anda jalankan masih cukup kecil, dan jumlah transaksi belum begitu banyak,namun mempersiapkan software akuntansi untuk bisnis di awal menjadi salah satu investasi berharga untuk bisnis Anda di masa depan. Lalu, bagaimana memilih software akuntansi untuk bisnis UMKM?

Baca Juga : Gambaran tentang Software Accurate

Indonesia memiliki jumlah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) sekitar 60 juta. Angka tersebut cukup besar. UMKM selalu dianggap sebagai penggerak perekonomian negara, kehadiran UMKM yang tidak hanya ada di kota-kota besar, membuat UMKM menjadi satu cara pengentas kemiskinan, dan mengurangi pengangguran. Namun UMKM memiliki problem-problem yang belum juga terselesaikan.  Salah satunya adalah masalah pencatatan pembukuan yang masih dianggap tidak terlalu penting, para pengusaha masih beranggapan bahwa bisnisnya masih skala kecil, dan tidak perlu untuk pencatatan pembukuannya.

Kiat Memilih Software Akuntansi Yang Untuk Bisnis

Aplikasi akuntansi yang andal diperlukan untuk membantu bisnis Anda dengan memantau seluruh transaksi keuangan bisnis Anda. Penting untuk mempertimbangkan kebutuhan unik pada setiap jenis bisnis dan kecocokan untuk bisnis Anda sebelum memutuskan jenis aplikasi akuntansi terbaik mana yang akan dipilih.

Gunakan 15 tips ini tentang cara memilih perangkat lunak akuntansi yang tepat untuk bisnis dan membantu Anda untuk melakukan pengembangan bisnis secara keseluruhan.

Temukan Aplikasi Akuntansi yang Secara Otomatis Menghasilkan Laporan Keuangan

Temukan produk akuntansi yang secara otomatis akan menghasilkan laporan keuangan untuk Anda tanpa matematika dan cara yang rumit.

Anda cukup mengkategorikan transaksi dan membiarkan aplikasi tersebut  melakukan pekerjaan itu. Menjalankan laporan secara teratur akan memberdayakan Anda untuk secara cerdas menganalisis pengeluaran dan mmembantu Anda untuk perencanaan bisnis yang lebih baik.

Ingat, saatnya akan tiba ketika Anda perlu mencari dana. Bank dan investor akan jauh lebih tertarik  jika Anda dapat menunjukkan data keuangan yang faktual dan terperinci tentang kesehatan keuangan bisnis Anda.

Baca Juga : Tentangg Software Accurate

Pilih Aplikasi Akuntansi yang Menawarkan Fleksibilitas Menyeluruh

Pilihlah software yang menawarkan fleksibilitas dan dapat menangani dan mengintegrasikan tugas-tugas yang lebih kompleks seperti pelacakan persediaan, penggajian, dan fitur yang dapat menghindari fraud. Pastikan Anda mendapat kendali penuh dari setiap transaksi yang terjadi dan tecatat pada aplikasi akuntansi tersebut.

Penting juga untuk memilih aplikasi yang akan memdahkan Anda mengelola banyak sumper pendapatan dan pemasukan pada bisnis. Misalnya, ketika jumlah departemen berbeda dalam bisnis Anda tumbuh, Anda mungkin menemukan bahwa Anda menghabiskan terlalu banyak waktu secara manual memasukkan kumpulan data yang berbeda.

Baca Juga :  Software Accurate harga murah manfaat besat 

Aplikasi akuntansi terbaik menawarkan kemampuan untuk menerima dan mengatur informasi dengan kompleksitas yang lebih besar. Peralihan dari pembukuan manual menggunakan software akuntansi memang membutuhkan biaya dan waktu, tetapi pemilik bisnis harus mempertimbangkan laba atas investasi (ROI), terutama jika pandangan Anda diarahkan pada pertumbuhan kompetitif sesudah menggunakan aplikasi pembukuan tersebut.

kiat memilih software akuntansi

Baca Juga : Accurate.id

Pastikan memiliki Fungsi Inti yang Anda Butuhkan

Yang paling penting untuk dicari dalam aplikasi akuntansi adalah yang memiliki fungsi inti yang Anda butuhkan. Jadi, Anda lebih baik menilai kebutuhan bisnis Anda terlebih dahulu sebelum mencari software akuntansi. Lagi pula, tidak ada gunanya membeli sesuatu jika itu tidak dapat melakukan apa yang Anda inginkan.

Baca Juga :  Pentingnya Akuntansi untuk Bisnis Pertanian

Baca Juga : Harga Diskon Accurate Online hanya 1,8 jt

Baca Seluruh Ketentuan Sebelum Anda Menggunakan

Banyak aplikasi akuntansi gratis pada dasarnya adalah versi ringan dari platform premium yang memiliki fitur yang lebih baik. Ada juga software akuntansi  yang memiliki masa uji coba dengan versi fitur lengkap yang berbatas waktu. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu memastikan pada saat Anda menggunakan versi gratis atau masa uji coba bahwa aplikasi yang Anda gunakan bisa memenuhi semua kebutuhan bisnis Anda.

Misalnya, Anda mungkin harus membayar ekstra jika Anda memiliki banyak pengguna yang masuk ke sistem akuntansi Anda atau jika Anda memiliki lebih dari sejumlah pelanggan atau vendor tertentu. Jadi selalu periksa setiap ketentuan dan persyaratan,  pastikan bahwa aplikasi akuntansi yang sedang Anda gunakan sebenarnya akan berguna bagi bisnis.

Baca JUga : Accurate Online solusi terbaik bisnis di tengah pandemi Covid 19

Perhatikan Kebutuhan Unik dari Bisnis ( memilih software akuntansi )

Dalam memilih perangkat lunak akuntansi, kebutuhan spesifik bsinis Anda harus didahulukan. Apakah Anda hanya membutuhkan SPT tahunan atau Anda memerlukan fitur multi mata uang, penggajian, pengelolaan persediaan, atau mungkin Anda memiliki banyak cabang?

Keadaan spesifik pada bisnis akan menentukan apa yang benar-benar Anda butuhkan. Baca dengan cermat apa yang ditawarkan software akuntansi pilihan Anda untuk melihat apakah itu paling cocok untuk bisnis.

Pilih Aplikasi yang Mudah Diintegrasikan dengan Program Lain

Ada berbagai jenis software akuntansi dan software penunjang bisnis tergantung pada seberapa banyak kompleksitas pencatatan keuangan yang dibutuhkan bisnis.

Pilih perangkat lunak akuntansi yang populer dan mudah diintegrasikan dengan perangkat lunak lain. Dengan cara ini, tidak hanya memudahkan Anda selaku pemilik bisnis,  tetapi seseorang dalam tim Anda, termasuk akuntan Anda atau pegawai kasir Anda

Dengan begitu, semua akan dapat dengan mudah memberikan dukungan saat melakukan pembukuan atau menghitung keseluruhan pajak Anda. Apa pun perangkat lunak yang Anda pilih, pastikan itu berintegrasi dengan perangkat lunak bisnis lain yang ada, misalnya, rekening bank, software kasir, atau akun toko online Anda.

Baca JUga : Fitur lengkap Accurate 5

Pilih Aplikasi Akuntansi yang dapat Diskalakan & Mudah Digunakan

Pastikan perangkat lunak akuntansi yang Anda pilih scalable, mudah digunakan, dan menghemat waktu Anda. Itu sebabnya Anda harus memetakan sasaran dan aliran pendapatan Anda terlebih dahulu.

Pada akhirnya, Anda menggunakan aplikasi akuntansi karena ingin menghemat waktu, yang pada gilirannya, menghemat uang bagi Anda. Penting untuk tidak jatuh pada pilihan aplikasi akuntansi yang memiliki banyak perbedaan harga, fitur yang tidak lengkap, dan biaya tak terduga pada setiap fitur yang akan Anda gunakan. Ingatlah, Anda sedang mencari sesuatu yang dapat menghemat waktu dan uang Anda

kiat memilih software akuntansi

Lakukan Riset Secara Detail ( memilih software akuntansi )

Jangan memilih software gratis jika pada akhirnya akan menjadi hambatan pada bisnis. Lakukan riset seperti yang Anda lakukan dengan alat bisnis apa pun. Ingat bahwa software akuntansi apa pun, gratis atau tidak, tidak menggantikan layanan akuntan, tetapi itu akan membantu mengurangi kesulitan mereka sehari-hari dan akan ada pengurangan biaya.

Mintalah masukan dari akuntan Anda – apakah klien lain menggunakannya, apakah itu akan berhasil untuk mereka? Apakah perangkat lunak ini memenuhi kebutuhan industri bisnis Anda? Periksa apakah ia dapat menangani seluruh kebutuhan laporan keuangan bisnis Anda.

Baca Juga :  Optimalkan Pembukuan Bisnis UKM Dengan Accurate Online

Software akuntansi pilihan Anda juga harus dapat dengan mudah memproses dan melaporkan pajak, mengelola penjualan dan pembelian buku besar, mengelola inventaris, melakukan rekonsiliasi bank dan menghasilkan laporan keuangan secara instan. Jika memungkinkan, mintalah demo perangkat lunak untuk menguji fitur dan kegunaannya sebelumnya. Anda menginginkan perangkat lunak yang intuitif dan tidak terlalu rumit.

Baca Juga : Mudahnya pencatatan bisnis dengan Software Accurate

Memahami Biaya & Fungsi dari Kebutuhan Bisnis Anda

Sebagian besar, software akuntansi menyediakan fungsionalitas dasar untuk memulai dan mencatat pembukuan untuk bisnis Anda. Ketika bisnis Anda matang dan Anda menambahkan kartu kredit baru, rekening bank, dan ingin lebih banyak fungsionalitas dan pelaporan. Lalu apakah aplikasi yang Anda gunakan sekarang akan memenuhi kebutuhan Anda kedepannya?

Pastikan Anda Anda memilih software akuntansi yang bisa Anda gunakan saat bisnis Anda sudah tumbuh lebih besar di masa depan. Ini akan membantu Anda menghindari menghabiskan waktu untuk beralih dan mempelajari sistem akuntansi baru. Waktu kita sebagai pemilik bisnis terbatas dan perencanaan ke depan membantu kita memaksimalkan waktu kita.

Baca Juga : Cara mensiasati penurunan omzet penjualan bisnis saat WFH

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, mungkin merupakan pilihan terbaik untuk bisnis kecil dengan pemahaman yang mungkin perlu ditingkatkan ke versi berbayar saat bisnis tumbuh. Perhatikan pilihan Anda untuk kebutuhan Anda sekarang dan masa depan karena aplikasi akuntansi gratis ini menyimpan data keuangan Anda.

Jika Anda melewati batas tanpa menyadarinya dan aplikasi menuntut peningkatan sebelum mengizinkan Anda mengakses lagi sistem untuk bisnis Anda, ini akan menjadi masalah besar untuk bisnis Anda.

kiat memilih software akuntansi

Diskusikan Opsi dengan Akuntan Anda ( memilih software akuntansi )

Aplikasi akuntansi menjadi semakin penting ketika Anda mengoperasikan suatu perusahaan. Ada beberapa faktor untuk ini.

Pertama, sebagian besar perusahaan kecil bergantung pada meminjam uang untuk mempertahankan operasi; Oleh karena itu, memiliki laporan keuangan internal sangat penting karena sebagian besar bankir ingin melihat dan meninjau data keuangan Anda.

Kedua, memiliki informasi keuangan internal akan membantu dalam pekerjaan persiapan akhir tahun dengan akuntan Anda yang akan menghitung besaran pajak pada bisnis. Saat memilih perangkat lunak keuangan untuk perusahaan Anda, pastikan untuk mendiskusikan opsi tersebut dengan akuntan Anda. Selain itu tinjau berbagai merek dan versi untuk menentukan apakah ada yang lebih baik untuk industri Anda secara spesifik

Baca Juga : All Varian Software Accurate 5

Jadilah Skeptis pada Aplikasi Akuntansi Gratis

Anda harus tahu persis apa kebutuhan akuntansi Anda dan bagaimana program menanganinya. Jika Anda memiliki bisnis kecil dengan hanya beberapa klien, aplikasi akuntansi versi gratis mungkin tepat untuk kebutuhan Anda.Dengan fitur pembukuan dasar, pembuatan faktur, dan mencatat beberapa transaksi.

Ketahui Kelemahan Perangkat Lunak Akuntansi Gratis

Secara umum, sebagian besar aplikasi akuntansi gratis gagal dalam dua hal :

  1. Mereka tidak memiliki fitur yang dapat meminimalisir fraud.
  2. Anda tidak dapat melakukan integrasi pada software lain.

Jika bisnis tidak menjual produk pada toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee, maka ini akan menyulitkan Anda dengan menginput data transaksi satu persatu. Jangan menggunakan produk perangkat lunak akuntansi hanya karena gratis. Yang paling penting adalah bahwa ia dapat melakukan semua yang Anda perlukan untuk mengelola pendapatan dan pengeluaran untuk bisnis Anda.

Baca Juga :  Tips Jitu membangun Branding Bisnis Jasa

Jangan berhemat pada Perangkat Lunak

Kami menyarankan agar Anda menggunakan software akuntansi yang tepat karena akan membawa Anda ke tingkat manajemen akuntansi yang lebih tinggi yang dioptimalkan, akurat, dan dapat diandalkan. Penting untuk memastikan bahwa itu memberikan kepatuhan hukum dan sentralisasi dan keterlacakan catatan keuangan. Itu juga harus dapat membantu mengurangi risiko kesalahan, dan merampingkan proses.

Jika Anda mencari software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dan dengan harga terjangkau, Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai solusi pembukuan bisnis Anda.

Baca Juga : Tips Agar bisnis bisa Go International

Hanya dengan 200 ribu perbulan, Anda bisa menikmati seluruh fitur yang diperlukan bisnis Anda. Mulai dari fitur penggajian, multi cabang, multi departemen, multi mata uang, otomatisasi lebih dari 100 jenis laporan keuangan, otomatisasi penghitungan perpajakan , dan masih banyak lagi. Tidak ada perbedaan harga untuk fitur yang akan Anda dapatkan, karena Software Accurate Online menerapkan 1 harga untuk semua fitur yang akan memudahkan bisnis.

Accurate Online sendiri adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

kiat memilih software akuntansi

kiat memilih software akuntansi

Dapatkan Edukasi tentang Akuntansi Dasar ( memilih software akuntansi )

salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan banyak pemilik bisnis adalah berpikir bahwa mereka tidak perlu tahu apa-apa tentang akuntansi karena aplikasi akuntansi  akan menanganinya. Sebaliknya, pemilik bisnis masih perlu memahami akuntansi dasar. Baca buku, ikuti kelas, lakukan riset – pastikan Anda tahu data apa yang Anda masukkan ke dalam aplikasi Anda dan memahami apa arti dari setiap laporan keuangan Anda.

Pertimbangkan Antarmuka Pengguna & Kompleksitas

Karena sebagian besar pemilik bisnis tidak memiliki latar belakang akuntansi, kami merekomendasikan untuk memilih perangkat lunak yang memiliki antarmuka pengguna yang sederhana, mudah digunakan, dan tidak menggembung dengan fitur yang tidak perlu. Antarmuka yang bersih memudahkan Anda untuk fokus pada tugas-tugas penting dan Anda dan karyawan Anda juga dapat beradaptasi dengan aplikasi tersebut lebih cepat.

Baca Juga : Peran akuntansi dalam Pengembangan Bisnis

Software Accurate hadir untuk membantu para pelaku UMKM untuk merapikan pembukuan. Software Accurate hadir dengan fitur-fitur yang lengkap dan tentunya user friendly sehingga setiap orang bisa menggunakannya. Setiap laporan keuangan yang disajikan terintegrasi satu dengan lainnya alias REAL TIME!!. Sehingga pemilik atau pelaku usaha dapat  mengetahui posisi keuangannya dengan cepat dan up to date, dan bisa membantu dalam hal mengambil keputusan financial dengan cepat demi kemajuan usahanya.

Jangan salah memilih software akuntansi, sebab dapat berakibat fatal. Itulah kiat khusus yang harus menjadi pertimbangan Anda dalam memilih software akuntansi untuk bisnis UMKM, agar Anda tidak salah memilih software akuntansi.

BACA JUGA :

Kiat memilih software akuntansi

  1. Harga Software Accurate
  2. Fitur lengkap Accurate 5 
  3. Fitur Lengkap Accurate Online 
  4. Cara beli Accurate 
  5. Manual Book Accurate Online 
By |2020-05-22T21:25:57+07:00May 22nd, 2020|Bisnis|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment