Pengertian Rekening Koran

/, Berita Lain Lain, Bisnis/Pengertian Rekening Koran

Pengertian Rekening Koran

Pengertian rekening koran. Bagi masyarakat Indonesia sudah tidak asing jika mendengar istilah rekening koran. Pengertian rekening Koran sendiri merupakan sebuah ringkasan proses transaksi keuangan yang menyeluruh dari suatu rekening. Transaksi tersebut dapat berupa rekening pribadi ataupun  rekening suatu perusahaan.

Perkembangan teknologi turut merambah dunia perbankan. Jika dahulu nasabah memerlukan rekening koran untuk mengecek transaksi, sekarang tidak lagi. Setiap nasabah bisa memeriksa transaksi keuangan melalui mobile banking. Perubahan ini tidak serta-merta menggeser posisi rekening koran dalam sistem transaksi perbankan.

Baca Juga : Mudahnya Rekonsiliasi Bank dengan Software Accurate

Pada rekening koran, Anda bisa menemukan alur debit dan kredit, serta riwayat transfer antar nasabah. Seluruh data transaksi biasanya dikirim langsung oleh pihak bank kepada pemilik rekening. Setiap bank memiliki aturan dan ketentuan masing-masing terkait hal ini.

Beberapa bank rutin mengirimkan rekening koran setiap bulan atau berkala. Nasabah berhak meminta laporan keuangan dalam jangka waktu tertentu. Tak semua bank memang mengirimkan rekening koran tanpa diminta. Anda harus mengajukan permohonan penerbitan rekening koran langsung ke kantor bank cabang. Umumnya, beberapa bank akan meminta biaya penerbitan rekening koran.

smartlink e-commerce

pengertian rekening koran

Syarat Pengajuan Rekening Koran

Buat Anda yang ingin mengajukan rekening koran, ada baiknya mengetahui prosedur pengajuannya. Apa saja kira-kira syarat yang dibutuhkan untuk mencetak rekening koran? Biar tak terlalu lama mengurus rekening koran, berikut syarat yang harus Anda penuhi:

Buku Tabungan

Bawalah buku tabungan asli ke kantor cabang bank terdekat. Saat bertemu dengan customer service, sampaikan tujuan Anda untuk mencetak rekening koran. Serahkan buku tabungan kepada karyawan bank untuk dicek transaksi keuangannya.

Baca Juga : Persetujua Transaksi di Accurate Online

Identitas Diri

Untuk validasi data, Anda butuh menyertakan identitas diri asli. Sebaiknya, bawa KTP atau tanda pengenal lain, seperti surat izin mengemudi atau paspor yang bisa menguatkan data pada buku tabungan. Pihak bank akan melakukan pengecekan dan mencocokkan data pada buku tabungan dan identitas diri. Jika kedua data cocok, pihak bank akan memproses pengajuan penerbitan rekening koran.

Baca Juga :  Tips Mudah Membuat Laporan Arus Kas

Kartu Debit

Pihak bank tidak akan memproses pengajuan cetak rekening koran, kalau Anda tak membawa kartu debit. Usahakan membawa kartu debit bersama data-data lainnya yang bisa mempercepat proses pencetakan rekening koran. Kartu debit menunjukkan keabsahan atas kepemilikan rekening pribadi atau perusahaan.

Biaya Cetak

Sebelum proses pencetakan rekening koran, Anda akan dimintai sejumlah dana untuk biaya cetak. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap bank memiliki kebijakan masing-masing. Anda harus membayar biaya cetak kepada pihak bank, supaya prosesnya jauh lebih cepat.

Berikut ini contoh bank yang ada di Indonesia yang menyediakan Rekening Koran beserta biaya cetak nya antara lain:

1. BNI

Pihak bank BNI menyediakan layanan rekening koran kepada nasabahnya untuk mengetahui informasi rekening. Para nasabah diharuskan membayar biaya cetak sebesar Rp  2.500 hingga Rp  3.000 per lembarnya.

2. BRI

Bank Rakyat Indonesia atau biasa dikenal BRI ini juga menyediakan layanan rekening koran untuk para nasabah yang ingin mengetahui transaksi yang terjadi terhadap rekening tersebut. Pihak Bank BRI memberikan harga kepada nasabah yang ingin mencetak rekening koran seharga Rp 2.500 per lembar. namun pihak BRI memberikan harga cetak Rekening Koran seharga Rp 25.000 untuk transaksi lebih dari 12 bulan atau 1 tahun.

3. BCA

Bank BCA juga memberikan layanan rekening koran untuk para nasabah yang ingin mengetahui informasi rekening tabungannya. Dengan harga yang sama dari setiap bank, bank BCA memberikan biaya cetak rekening koran sebesar Rp 2.500 per lembarnya.

4. Bank Mandiri

Bank Mandiri juga merupakan salah satu bank yang menyediakan layanan rekening koran untuk para nasabah. Dengan harga cetak sebesar Rp 2.500 per lembar dengan data transaksi selama 3 bulan terakhir, serta Rp 5.000 dengan data transaksi selama 6 bulan terakhir.

Baca Juga :  Multi Mata Uang Di Software Accurate Online

Dari fakta yang tersedia, ada banyak sekali contoh bank yang ada di Indonesia dengan memberikan layanan rekening koran. Dengan biaya sebesar Rp 2.500 per lembarnya.

Administrasi yang Membutuhkan Rekening Koran

Setelah Anda mengenal pengertian rekening koran, biasanya pembuatan rekening koran di ikuti alasan atau tujuan tertentu. Beberapa nasabah biasanya mengajukan cetak rekening untuk mempercepat proses administrasi hal lain. Setidaknya ada beberapa proses administrasi yang mengajukan syarat rekening koran, seperti:

Visa

Negara tidak bebas visa mewajibkan wisatawan mengantongi visa untuk berkunjung. Bila Anda berencana datang ke negara tertentu, mengurus visa harus dilakukan. Rekening koran sendiri menjadi satu dari beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Pasalnya, pihak imigrasi ingin memastikan Anda memiliki dana yang cukup selama berada di negara tersebut. Rekening koran menjadi bukti transaksi dan keuangan paling autentik yang bisa digunakan.

Pinjaman

Ingin mengajukan pinjaman perbankan? Anda butuh mengurus cetak rekening koran sesegera mungkin. Pihak bank tidak akan memproses pengajuan pinjaman, jika Anda tidak menyertakan bukti tersebut. Bank dapat memvalidasi apakah keuangan Anda dalam kondisi sehat atau tidak.

Pengajuan pinjaman bank atau kredit yang membutuhkan rekening koran adalah KTA, kredit kendaraan bermotor (KKB), dan kredit pemilikan rumah (KPR).

Audit Keuangan

Jika pada perusahaan, rekening koran dibutuhkan untuk proses audit keuangan pada perusahaan tersebut. Pada rekening koran perusahaan terdapat informasi keuangan perusahaan yang terperinci atas pos pengeluaran dan pendapatan. Hal ini menjadikan rekening koran perusahaan menjadi hal yang ada pada saat melakukan audit keuangan perusahaan.

Baca Juga : Mudahnya Pencatatan Bisnis dengan Accurate Online

Selain itu, hal ini juga bisa menjadi bukti hukum yang sah apabila suatu saat Anda terlibat perselisihan dengan pihak lain yang terkait dengan mutasi rekening. Contohnya saja ketika Anda yakin telah membayarkan sejumlah dana untuk supplier Anda, namun pihak yang bersangkutan berpendapat bahwa mereka belum menerima dana tersebut. Maka rekening koran dapat membuktikannya

Baca Juga :  Mencatat Aktifitas & Melihat History Transaksi Melalui Fitur Kalender

Kesimpulan

Sebenarnya masih sangat banyak sekali fungsi rekening koran untuk Anda dan bisnis Anda, namun kami hanya menerangkan fungsi yang kami anggap sangat penting. Bagi Anda yang ingin merencanakan untuk membuka rekening, pastikan Anda menerima dan bertanya tentang sistem pelaporan rekening koran yang Anda dapatkan nantinya. Hal ini sangat penting untuk mengetahui riwatyat transaksi Anda.

Bagi Anda pemilik bisnis, rekening koran berhubungan erat dengan pembukuan terutama untuk rekonsiliasi transasksi perbankan. Jika Anda menggunakan pembukuan manual, proses rekonsiliasi bank merupakan proses yang sangat memakan waktu, berbeda jika Anda menggunakan software akuntansi, terlebih Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda bisa melakukan proses rekonsiliasi otomatis yang akan memudahkan setiap pencatatan transaksi bisnis. Jika Anda ingin mencoba Accurate Online, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui link ini. 

penawaran accurate

BACA JUGA : 

Pengertian rekening koran, pengertian rekening koran

  1. Harga Accurate Online
  2. Harga Accurate 5 Desktop 
  3. Cara beli Accurate 
  4. Cara beli lisensi Accurate 
  5. Permintaan Penawaran dan cara beli Accurate 
  6. Software Accurate
  7. Accurate Tangerang
  8. Accurate Semarang

 

By |2019-12-02T06:02:21+07:00December 2nd, 2019|Accurate Online, Berita Lain Lain, Bisnis|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment