Pertimbangan Sebelum Mengajukan Utang Usaha

//Pertimbangan Sebelum Mengajukan Utang Usaha

Pertimbangan Sebelum Mengajukan Utang Usaha

Pertimbangan sebelum mengajukan utang untuk usaha, Memulai sebuah usaha terkadang memang tidak mudah. Banyak pengusaha yang bahkan mulai menjalankan bisnisnya dengan mengajukan utang. Tidak hanya itu, usaha atau bisnis yang sudah berjalan sekalipun, menggunakan utang untuk memperluas bisnis serta merealisasikan ide-ide bisnis.

Namun, utang tetaplah utang, jika sebagai pemilik bisnis kita tidak bisa mengelolanya dengan baik, maka bisa menyebabkan kerugian berupa usaha kita yang menjadi bangkrut karena terlilit utang itu sendiri. Maka dari itu, diperlukan pertimbangan serta perhitungan yang matang saat akan mengajukan utang, agar usaha bisa tetap berjalan.

Baca Juga : Mudahnya pencatatan Bisnis dengan Software Accurate

Pertimbangan Sebelum Mengajukan Utang untuk Usaha

Saat hendak meminjam uang dalam bentuk utang untuk kebutuhan usaha kita, sebaiknya pemilik bisnis pandai dalam mempertimbangkan dan menghitung apakah utang tersebut dalam lunas dalam waktu tertentu, dan usaha kita bisa berjalan dengan lebih baik. Apa saja yang harus menjadi pertimbangan sebelum mengajukan utang untuk usaha, berikut ulasanya:

Memiliki Rencana Bisnis yang Jelas

Rencana bisnis atau business plan, merupakan suatu hal yang penting sebelum kita memulai usaha. Misalnya saja, Anda ingin membuka usaha warung, maka Anda harus membuat strategi dan proyeksi dalam rencana bisnis tersebut. Tentukan apa yang akan terjadi pada usaha warung Anda ini, setelah 5 tahun kedepan. Ini harus jelas, agar saat meminjam utang untuk usaha, nominalnya juga jelas, jangka waktu pengembalianya juga jelas.

Baca Juga : Mudahnya Rekonsiliasi bank dengan Accurate Software

Lihat Keuangan Pribadi dan Keuangan Usaha

Hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan, jika kita ingin mengajukan utang untuk usaha. Keuangan pribadi dan perusahaan harus terpisah, jangan campurkan keduanya. Dengan begitu, usaha yang Anda jalankan akan lebih mudah berkembang.

Baca Juga :  Mau Terjun Bisnis Fashion ? Baca Hal ini Dulu

faktor yang mempengaruhi modal bisnis

Utang untuk Mengembangkan Usaha

Jika Anda sudah memulai usaha dengan pinjaman utang, sebaiknya jangan berpikir untuk menambah utang kembali dalam rangka mengembangkan usaha. Terkecuali, Anda sebagai pemilik usaha memiliki keuangan yang stabil dan lancar dalam membayar cicilan serta biaya operasional. Jika memang berhutang, pastikan tidak lebih dari 50% dari total asset yang dimiliki.

Kondisi Mangsa Pasar

Ketika membuka usaha, sebagai pemilik usaha, Anda juga harus sudah mengenal pangsa pasar yang akan dituju terhadap produk atau jasa yang dijual. Maka dari itu, sebaiknya memilih jenis usaha yang memiliki jangkauan pasar luas dan tidak segmented. Maka usaha bisa lebih cepat dikenal dan tidak akan masalah jika harus mengajukan utang untuk usaha.

Beda usaha dan Beda Resiko

Yang juga harus dipertimbangkan sebelum mengajukan utang untuk usaha, kita sebagai pemilik usaha harus tahu bahwa beda usaha beda juga resikonya. Jangan melakukan pinjaman utang, melebihi kebutuhan Anda, sebaiknya sesuaikan dengan rencana bisnis di awal.

Jadi, mengajukan utang untuk usaha Anda memang boleh dilakukan, asal dengan banyak pertimbangan sebelum mengajukan utang usaha tersebut. Dengan begitu, semua aktifitas usaha dapat berjalan dengan lancar.

Lakukan juga pembukuan yang baik bagi usaha Anda. Dengan pembukuan yang benar, Anda bisa menghitung pengeluaran dan pemasukan dengan mudah dan terperinci. Tentunya ini akan membuat keuntungan usaha menjadi maksimal dengan pengembilan keputusan yang tepat berdasarkan laporan keuangan.

Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai software pembukuan yang akan memudahkan setiap proses pembukuan bisnis Anda. Dengan fitur terlengkap dan harga terjangkau, Accurate Online telah memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang dan telah digunakan oleh 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis.

Baca Juga :  Jangan Salah Pilih Software Akuntansi Untuk Bisnis

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

By |2019-11-08T11:25:42+07:00November 8th, 2019|Bisnis|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment