Pengertian Kurs Mata Uang dan Manfaat Untuk Bisnis

//Pengertian Kurs Mata Uang dan Manfaat Untuk Bisnis

Pengertian Kurs Mata Uang dan Manfaat Untuk Bisnis

Pengertian kurs mata uang dan manfaat untuk bisnis, Meskipun sudah tidak asing di telinga, ternyata kata kurs ini masih sering disalahpahami oleh kebanyakan orang. Pengertian kurs mata uang pada dasarnya adalah nilai tukar, yaitu harga mata uang suatu negara di dalam mata uang negara lain.

Berikut adalah beberapa pengertian kurs dari para ahli di bidang ekonomi:

Kurs merupakan nilai atau harga suatu mata uang yang dapat ditukar dalam mata uang lain.

Fabozzi dan Franco.

 

Kurs merupakan harga suatu mata uang yang dinyatakan dalam mata uang lain.

Paul R Krugman dan Maurice.

Baca Juga : Mudahnya Pencatatan Pembukuan Dengan Accurate Software

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa ketika membicarakan perihal kurs, berarti kata kuncinya adalah nilai tukar antara dua mata uang yang berbeda.

Kurs sendiri dapat mengalami dua jenis perubahan: apresiasi dan depresiasi. Apresiasi terhadap mata uang suatu negara berarti nilai mata uang negara tersebut mengalami peningkatan dibanding mata uang lainnya, hal ini akan mengakibarkan ekspor menjadi lebih mahal dan impor menjadi lebih murah.

Sebaliknya, depresiasi terhadap mata uang suatu negara berarti nilai mata uang negara tersebut mengalami penurunan dibanding mata uang lainnya, hal ini mengakibatkan ekspor menjadi lebih murah dan impor menjadi lebih mahal.

Mengenal metode penyusutan

Manfaat Kurs Bagi Bisnis

Kurs menjadi alat tukar menukar barang dan jasa yang dilakukan antar negara, sehingga manfaat kurs bagi bisnis dirasa penting dalam perdagangan internasional seperti ekspor dan impor.

Sebagai contoh, jika Indonesia ingin mengimpor barang dari Amerika, maka Amerika tidak menerima bayaran dengan mata uang Indonesia, yaitu rupiah, mereka menginginkan bayaran dalam dolar. Di situlah kurs berperan dalam bisnis sebagai alat tukar dan pembayaran internasional.

Baca Juga :  Accurate Memudahkan Bisnis Anda

Pengaruh Kurs Terhadap Bisnis

Sebagaimana telah disinggung di atas perihal apresiasi dan depresiasi terhadap mata uang suatu negara, maka perubahan nilai tukar ini tentunya mempengaruhi bisnis terkait perdagangan internasional, yaitu ekspor dan impor.

Adapun tiga pengaruh kurs terhadap bisnis antara lain, ialah :

1. Pengaruh Kurs Terhadap Importir

Terkadang dalam melakukan bisnis, pebisnis membutuhkan produk-produk impor dari luar negeri sebagai bahan baku, di sini kurs atau nilai tukan akan menentukan keuntungan yang akan didapat.

Ketika rupiah melemah terhadap mata uang negara asing, Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk mengimpor produk yang Anda inginkan. Dengan kondisi seperti ini, maka pebisnis akan mengalami kerugian apabila harga produk tidak dinaikkan.

2. Pengaruh Kurs Terhadap Eksportir

Bagi pebisnis yang melakukan kegiatan ekspor barang, umumnya perubahan nilai tukar lebih sering menguntungkan.

Jika nilai tukar dari mata uang asing menguat, maka harga jual produk eksportir ke luar negeri akan semakin tinggi di dalam mata uang Indonesia, sehingga memberikan keuntungan yang lebih besar.

3. Pengaruh Kurs Terhadap Hutang Piutang

Kurs tidak hanya berperan dalam kegiatan perdagangan internasional berupa ekspor dan impor. Kurs juga berperan dalam hitang piutang luar negeri. Apabila nilai tukar rupiah melemah, pebisnis yang memiliki utang luar negeri akan rugi karena nilai utang akan naik.

Pebisnis muda disarankan untuk menghindari hutang dengan negara asing karena resikonya yang tinggi.

Kesimpulan

Dengan berkembangnya zaman, kegiatan ekspor-impor atau perdagangan internasional menjadi hal yang tidak lagi tabu, justru lumrah. Karenanya, memahami pengertian kurs mata uang, manfaat dan pengaruhnya terhadap bisnis menjadi sangat penting.

Dengan memahami kerja nilai tukar atau kurs mata uang, pengusaha dan pebisnis internasional jadi mampu mengukur dan memahami resiko serta keuntungan yang bisa didapat dari bisnis yang dilakoni.

Baca Juga :  Multi Cabang di Software Accurate Online

Bagi Anda pelaku bisnis yang menggunakan pembayaran multi mata uang, pasti akan sangat sulit jika Anda membuat laporan keuangan dalam laporan mata uang yang berbeda. Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang memiliki fitur multi mata uang untuk efisiensi tahap ini.

Anda bisa membaca lebih jauh tentang fitur multi mata pada Accurate Online yang melalui artikel ini, atau Anda juga bisa untuk mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

penawaran accurate

BACA JUGA : 

  1. Harga Accurate Online 
  2. Harga Accurate 5 Desktop 
  3. Manual Book Accurate Online 
  4. Minta penawaran Accurate 
  5. Cara Beli Accurate 
  6. Tentang Accurate Online 
  7. Tentang Accurate 5 Destop

#Accurateonline #Accuratecloud #accuratesoftware #accurateakuntansi #aplikasionline #trialaccutrate #programaccurate #accurateonline #accuratesoftware #softwareaccurate #multicurrency #accurateonline

By |2019-10-29T20:52:39+07:00October 29th, 2019|Accurate Online|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment